Ketidaksamaan Keringat Manusia Dan Kuda, Ini Istimewanya Keringat Kuda?

0

hey hi sobat okeplay777

Ada sebuah guyonan dalam gurauan pertemanan setiap hari kita: “Wah, air minumnya serupa air kencing kuda!” Hm, kelihatan terlalu berlebih sich ya, tetapi apa yang kelihatan air dalam sebuah gelas itu warna kuning dengan kelompok soda yang menggunpal di atas seperti air kencing kuda yang diukur. Ups, maaf!

Ternyata belum sampai disana, berita mengenai keringat kuda ternyata jadi perbincangan yang sangat menarik, ditambah sesudah disaksikan dari sisi riset kesehatan dan pangan karena rupanya keringat kuda itu ada ketidaksamaan dengan keringat makhluk lain secara umum terhitung manusia yang umumnya memiliki kandungan air, garam dan lemak biasa dibuat oleh kelenjar ekrin.

Apanya yang lain dan kenapa dapat berlainan? Sumber jurnal yang saya baca memberitahukan jika keringat kuda itu bukan hanya air yang keluar pori-pori seperti secara umum, tetapi keringat yang memiliki kandungan banyak protein. Tersebut kenapa saat kuda sedang berkeringat basah kerap keluarkan seperti soda atau busa di atas kulitnya. Ini pertanda bila keringatnya memiliki kandungan Latherin atau protein Surfaktan.

Peranan dari latherin atau protein ini menurut pakar ialah dari proses termoregulasi atau proses mendinginkan badan kuda. Latherin ialah protein alergen yang paling aktif di atas yang diketemukan dalam keringat dan air liur kuda (memudahkan saat kunyah makanan yang memiliki serat).

Latherin ini memiliki sifat hidrofilik (menarik molekul air), ini akan menolong untuk menarik keluar molekul air keringat yang mengendap di permukaan kulit lalu mengakibatkan proses evaporasi terjadi sampai semakin banyak dan cepat, mengakibatkan membuat badan sang kuda lebih dingin, lembab atau sejuk.

Nach, dari rincian singkat di atas saat ini kita jadi tahu ketidaksamaan keringat manusia dengan hewan lain terutamanya pada kuda kenapa pada keringat kuda mempunyai busa-busa di sekitar badannya yang berkeringat basah itu.

Mudah-mudahan info ini bermanfaat dan berguna untuk pembaca setia iskrim. Janganlah lupa selalu untuk memberi komentar dan sarannya mengenai tulisan ini.

baca artikel menarik edukatif lain nya disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *