Apa Itu April Mop dan Asal Saran Hari Kelucuan konyol di Dunia

0

MANTAP168 April Mop, atau yang dengan bahasa Inggris disebutkan April Fool’s Day, sebagai adat dilaksanakan tiap tanggal 1 April tiap tahunnya di penjuru dunia.

Khusus di hari April Mop, beberapa orang kerap kali bermain gurauan, memperdayai, dan membuat surprise yang mengundang tawa korban gurauan atau orang disekelilingnya itu.

Tetapi, apakah itu April Mop dan asal mula dari adat ini? Silahkan kita susuri lebih jauh dalam artikel berikut.

Pemahaman April Mop

April Mop ialah sebuah adat atau perayaan yang diperingati di tanggal 1 April. Adat April Mop ini sering dilaksanakan langkah bohong untuk membikin gurauan untuk menundang tawa orang di sekitar.

Asal Saran April Mop

Ada banyak teori menerangkan asal mula adat atau riwayat April Mop. Beberapa salah satunya ialah seperti berikut:

1. April Mop Diawali pada Tahun 1582

Beberapa sejarawan bertaruh, April Mop diawali di tahun 1582, saat Prancis berpindah dari kalender Julian ke kalender Gregorioan, sama seperti yang disuruh oleh Council of Trent atau Dewan Trent pada 1563.

Seperti pada kalender Hindu, tahun baru di kalender Julian diawali titik kembali musim semi sekitaran 1 April.

Beberapa orang yang lebih lambat memperoleh informasi atau tidak berhasil mengetahui awalnya tahun baru sudah berpindah ke 1 Januari, dan terus rayakan tahun baru sepanjang pekan terakhir bulan Maret sampai 1 April jadi target gurauan dan tipuan dan disebutkan “April fools.”

Gurauan ini terhitung tempatkan ikan kertas di punggung mereka dan dikatakan sebagai “poisson d’avril” (ikan April), disebutkan menyimbolkan ikan muda yang gampang diamankan dan orang gampang tertipu karena gurauan saat hari April Mop, seperti dikutip History, Sabtu (1/4/2023).

2. Hilaria di Roma Kuno

Sejarawan menyangkutkan hari April Mop dengan festival, seperti Hilaria (bahasa Latin untuk kegembiraan), yang dirayakan di Roma kuno di akhir Maret oleh penganut kultus Cybele.

Perayaan ini mengikutsertakan beberapa orang menyaru dan menghina sama-sama masyarakat sampai hakim, dan disebutkan di inspirasi oleh legenda Mesir mengenai Isis, Osiris dan Seth.

3. Vernal Equinox dan April Mop

Ada pula pertaruhan, April Mop disangkutkan vernal equinox, atau hari awal musim semi di Belahan Bumi Utara, saat Ibu Pertiwi membodohi orang dengan peralihan cuaca yang tidak bisa diprediksikan.

4. Riwayat Hari April Mop

Hari April Mop mulai menebar ke semua dataran Inggris sepanjang era ke-18. Di Skotlandia, adat ini diadakan sepanjang 2 hari dimulai “memburu gowk”.

Memburu Gwok sendiri ialah peristiwa di mana orang dikirimkan untuk pekerjaan palsu (gowk ialah kata untuk burung kukuk, lambang untuk orang bodoh).

Perayaan dituruti hari Tailie, yang mengikutsertakan masyarakat nge-pranks seorang dengan memasangkan ekor palsu atau tempelkan selembar kertas tertulis “tendang saya” di punggung.

5. Gurauan Hari April Mop

Masuk jaman kekinian, beberapa orang usaha keras dan makin inovatif membuat lelucon tiap hari April Mop datang. Beberapa stasiun radio, TV, sampai website juga kadang berperan serta dalam adat 1 April ini.

Misalnya ialah di tahun 1957, di mana BBC memberikan laporan beberapa petani di Swiss alami rekor panen spageti dan menunjukkan rekaman beberapa orang memetik mie dari pohon.

Di tahun 1992, National Publik Radio siarkan informasi dengan bekas Presiden Richard Nixon yang menjelaskan ia mencalonkan diri sebagai presiden lagi… namun artisnya, bukan Nixon, dan fragmen itu semua ialah gurauan yang mengagetkan negara.

Di tahun 1996, Taco Bell, menipu beberapa orang saat umumkan sudah sepakat untuk beli Liberty Bell Philadelphia dan berniat untuk menukar namanya jadi Taco Liberty Bell.

Google sendiri populer membuat gurauan April Mop tahunan dimulai dari “penelusuran telepati” sampai kekuatan mainkan Pac Man di Google Maps.

Dalam budaya Indonesia sendiri, adat April Mop cukup dikenali walau tidak setenar di beberapa negara Barat.

Umumnya beberapa orang di Indonesia lakukan aktivitas yang sama, seperti memberi info palsu atau menipu beberapa teman mereka.

Tetapi, harus diingat aktivitas ini seharusnya tidak dilaksanakan tujuan untuk sakiti atau bikin rugi seseorang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *