Ifan Seventeen Menderita Tumor di Kepala, Apa Pemicunya?

0


OKEPLAY777. Penyanyi Ifan Seventeen diberitakan sudah jalani operasi pengangkatan tumor di kepala. Persisnya pada Jumat, 24 Maret 2023 di Rumah Sakit Eka Hospital, Cibubur.
Berita itu dikatakan secara langsung oleh si istri, Citra Monica di account Instagramnya. “Alhamdulillah, operasinya berjalan mulus. Terima kasih untuk semuanya doanya. Saat ini suamiku pada proses rekondisi,” catat Citra Monica diambil dari account @citra_monica, Sabtu 25 Maret 2023.
juga dikenal sebagai tumor otak. Tanda-tandanya bisa tergantung pada tipe, posisi, dan fase tumor. Gejala-gejala tumor otak yang umum, seperti mencuplik Medical News Today, mencakup:

  1. Kerap alami sakit di kepala
  2. Kejang
  3. Peralihan personalitas
  4. Permasalahan pandangan
  5. Mual
  6. Peralihan situasi hati
  7. Kehilangan kesetimbangan
    Cleveland Clinic mengatakan, tumor otak mulai tumbuh saat gen pada kromosom sel rusak. Kerusakan sel mengakibatkan peralihan pada DNA sel otak dan perintah-instruksi sel.
    Mengakibatkan, badan mulai meningkatkan beberapa sel otak abnormal yang berkembang dan tumbuh cepat. Saat itu terjadi, keramaian sel abnormal terus tumbuh dan menggantikan ruangan di otak.
    Seorang bisa dilahirkan peralihan gen yang terkait dengan tumor otak. Tetapi dapat juga memperolehnya dari factor lingkungan, seperti paparan radiasi dengan jumlah besar.
    Pada beberapa kasus, ada banyak sindrom khusus yang terkait dengan tumor otak. Sindrom genetik ini karakternya di turunkan dari orangtua pada anak, yakni Neurofibromatosis type 1 (gen NF1), neurofibromatosis type 2 (gen NF2), dan sindrom turcot (gen APC). Dan sindrom gorlin (gen PTCH), kompleks tuberous sclerosis (gen TSC1 dan TSC2), dan sindrom li-fraumeni (gen TP53).
    Tetapi dari 130 tumor otak itu, ada beberapa macam tumor otak jinak yang umum. Berikut tujuh salah satunya:
  8. Meningioma
    Mencuplik Cleveland Clinic, meningioma sebagai tipe tumor otak primer yang umum. Mereka berkembang dengan perlahan-lahan dan tercipta di meninges.
    Meninges ialah susunan jaringan yang membuat perlindungan otak dan sumsum tulang belakang. Dalam kasus yang jarang ada, meningioma menjadi tumor garang.
  9. Pineocytomas
    Tumor yang tumbuh lamban ini tercipta di kelenjar pineal atau berada jauh dalam otak. Tumor pineocytomas keluarkan hormon melatonin.
  10. Adenoma Hipofisis
    Adenoma hipofisis tercipta di kelenjar pituitari atau di dasar otak. Pituitari ialah kelenjar yang bekerja membuat dan mengatur hormon pada tubuh.
    Adenoma hipofisis umumnya tumbuh lamban dan bisa melepas hormon hipofisis berlebihan.
  11. Schwannomas
    Schwannomas sebagai tumor otak jinak yang biasa ke orang dewasa. Mereka berkembang dari sel schwann di mekanisme saraf pinggir atau saraf kranial. Schwannomas terjadi pada saraf vestibular (saraf yang ke arah dari telinga sisi dalam ke otak).
  12. Glomus Jugulare
    Mencuplik American Association of Neurological, glomus jugulare umumnya berada di bawah dasar tengkorak. Persisnya pada bagian atas vena jugularis.
    Glomus jugulare ialah wujud tumor glomus yang umum. Mereka menyumbangkan 0,6 % neoplasma leher dan kepala.
  13. Gangliocytomas
    Gangliocytomas sebagai tumor otak jinak yang meliputi sel saraf neoplastik yang berdiferensiasi relatif baik. Gangliocytomas lebih umum terjadi ke orang dewasa muda.
  14. Craniopharyngiomas
    Craniopharyngiomas sebagai tumor jinak yang susah ditiadakan. Ini karena lokasinya di dekat susunan krisis yang jauh dalam otak.
    Tumor ini umumnya muncul dari beberapa kelenjar hipofisis (susunan yang atur banyak hormon pada tubuh). Hingga sebagian besar pasien membutuhkan beberapa therapy pergantian hormon.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *